Minggu, 07 Oktober 2012

RANCANGAN BANGUN APLIKASI E-LEARNING

Rancang Bangun Aplikasi E-learning
Pada bagian I telah disebutkan bahwa aplikasi yang dikembangkan ini merupakan
aplikasi yang digunakan untuk mendukung sistem pengajaran dalam metoda
pembelajaran blended learning. Untuk mendukung sistem tersebut, maka perlu
ditentukan terlebih dahulu pihak-pihak yang memiliki kepentingan ataupun
keterlibatan dalam suatu proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan, pihak-pihak yang memiliki kepentingan atau terlibat dalam suatu proses
pembelajaran di universitas adalah : pihak universitas itu sendiri, pihak fakultas,
pihak jurusan, dosen pengajar mata kuliah, dan mahasiswa pengambil mata kuliah. Apabila seluruh pihak-pihak tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang dapat
dilakukan oleh masing-masing pihak, terlihat bahwa seluruh jenis pengguna aplikasi merupakan
turunan dari aktor “User”, dimana setiap jenis pengguna memiliki fungsi dan
kemampuan yang berbeda satu dengan yang lainnya sesuai dengan tugas masingmasing.
Seluruh use case yang digambarkan pada gambar 3 di atas
menggambarkan seluruh aktivitas yang terjadi dalam suatu proses pembelajaran
dan yang diimplementasikan dalam aplikasi yang dibangun.
Untuk mewujudkan seluruh fasilitas yang telah digambarkan pada gambar 3, maka
komponen dasar dari seluruh fasilitas aplikasi yang digunakan disusun dalam
bentuk objek-objek yang memiliki interaksi secara khusus dengan objek-objek
dalam framework Prado. Keterkaitan antara objek-objek yang digunakan dengan
objek-objek dalam framework Prado dapat digambarkan dalam class diagram
berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar