Selasa, 04 September 2012

KASUS PADA JARINGAN KOMPUTER

• Rasio Collision. Collision adalah suatu kejadian reguler yang terjadi manakala dua atau lebih usaha untuk meneruskan media terjadi pada waktu yang sama. Manakala suatu collision terjadi, pengiriman node akan me-'rasa'-kan collision, kemudian melaksanakan suatu time out acak dan kemudian melakukan retry. Ketika jaringan menjadi terisi penuh dengan frame, semakin banyak collision akan terjadi. Nilai collision yang tinggi juga dapat disebabkan oleh kesalahan adapter atau node yang out-of-control dalam menghasilkan frema yang memenuhi jaringan itu.
• Packet deferral rasio. ini terjadi manakala setiap node berusaha untuk memancarkan frame dan merasakan node yang lain telah siap memancarkan ( yaitu adanya carrier yang berfungsi 'merasa' pada suatu media). Node harus menunda, atau menunggu sampai jaringan kosong, sebelum dapat meneruskan transmisi itu. Nilai suatu paket Deferral adalah suatu statistik seringnya usaha suatu node untuk masing-masing port Ethernet. Tidaklah mungkin untuk mengukur nilai paket deferral dengan suatu penganalisis protokol atau alat test lain.
• Runts(=kerdil). Jika frame yang ada lebih pendek dibanding 64 bytes, dan itu biasanya merupakan kesalahan pada suatu jaringan Ethernet. Frame ini dapat merupakan hasil collision pada jaringan, atau bisa merupakan suatu tanda bahwa suatu node sedang menghasilkan frame pendek tanpa melakukan padding sampai 64 byte, sebab seringkali frame tersebut menjadi terlalu pendek untuk meliputi suatu alamat tujuan sumber. Frame ini sangat sukar untuk berhubungan dengan node-node tertentu lainnya.
• Jabbers. Frame yang lebih panjang dari 1518 bytes dan dapat menyebabkan kesalahan dalam jaringan ethernet. Frame Jabber sering disebut juga "Giants(=raksasa)". They are usually the result of a node generating frames outside
• Frame Bad FCS. Terdiri dari suatu bagian yang memeriksa urutan frame yang tidak memenuhi hitungan checksum ketika frame diterima. Frame dengan bad FCS berisi satu atau lebih kesalahan bit dan biasanya telah dibuang oleh node yang yang menerima itu. Bit kesalahan dapat disebabkan oleh noise elektrik atau kesalahan pada transceiver atau komponen sistem kabel. Collision juga dapat menyebabkan frame mempunyai Bad FCS.
• Frame Misaligned. Frame ini adalah frame yang panjang bit-nya adalah tidak dapat dibagi oleh delapan (non integer byte). Frame ini biasanya mempunyai bad FCS dan pada umumnya disebabkan oleh permasalahan elektrik pada pemasangan kabel jaringan, kesalahan pada workstation, atau akibat collision.
• Token Ring hard errors. Kesalahan pada jaringan token ring terdapat berikut ini, harus dipertimbangkan dengan keras, yaitu kesalahan :
o Frame Ring purge. Frame yang dibuat oleh Monitor aktif ketika proses claim token selesai, atau ketika token mengalami kesalahan (seringkali merupakan kehilangan frame). Tujuan suatu frame ring purge adalah untuk melakukan reinitialize ring dengan cara memindahkan setiap frame data atau token secara sirkular. ring purge adalah normal ketika stasiun dimasukkan ke dalam ring, tetapi ini cara yang tidak umum. Hitungan sirkular yang lebih tinggi menunjukkan adanya masalah pada pemasangan kabel.
o Frame Ring beacon. Frame ini dikeluarkan ketika terjadi suatu kesalahan serius, seperti suatu kerusakan pada fisik kabel. Frame ini dikirim oleh suatu Stasiun ring tertentu (bisa dari semua adapter Token-Ring) yang melaporkan alamat yang aktif neighbor paling dekat tidak lagi menerima token yang harusnya dikirim oleh NAUN (Nearest Active upstream). Frame ring beacon pada umumnya menandai adanya kesalahan dalam pemasangan kabel atau adapter antara stasiun yang membangkitkan frame ring beacon dan NAUN - nya.
o Claim Token Ring. Ini adalah frame yang dikirim oleh stasiun manapun yang terdapat pada ring yang mendeteksi ketidakhadiran dari suatu Monitor Aktif baru. Tujuan dari frame claim token ini adalah untuk menyiapkan proses claim.
• Kesalahan soft Token ring. Jaringan Token Ring juga merupakan salah satu subyek kesalahan yang disebut soft errors. Istilah ini mengacu pada suatu kelas dari suatu peristiwa abnormal yang mempengaruhi hanya pada satu stasiun dan secara umum tidak berdampak pada keseluruhan operasi di ring. Kesalahan soft mencakup berikut ini :
o Isolasi kesalahan soft. dapat di-trace ke stasiun neighbor tertentu.
o Non-isolasi kesalahan soft. Tidak dapat di-trace ke stasiun neighbor tertentu.
o Kesalahan Internal. Ditemukan even yang abnormal pada suatu stasiun ketika menemukan kesalahan internal.
o Kesalahan Burst. Kesalahan ini dilaporkan oleh suatu stasiun yang mendeteksi ketidakhadiran transisi di (dalam) sinyal yang diterima ( hilangnya sinyal) untuk lebih dari dua dan one-half bit kali antara mulai dan berakhirnya pengukuran (yaitu pada frame yang diterima)
o Kesalahan Line. Frame yang dihasilkan suatu stasiun melaporkan kode yang violation pada token, ketika frame melakukan pengecekan urutan kesalahan, atau antara mulai dan berakhirnya pengukuran frame.
o Kesalahan Abort. Frame yang pada akhir pengukurannya secara langsung mengikuti awal pengukurannya, tanpa satu pun field yang dibutuhkan, ini disebut Frame abort. Kesalahan abort ini terdaftar setiap waktu observasi pada ring.
o Kesalahan A/C. Kesalahan Address Copied adalah even abnormal yang ditemukan dalam prosedur Address Recognized dan Frame yang ter-copy dalam ring. Kesalahan A/C mengidentifikasikan adanya kehadiran lebih dari satu Monitor Aktif pada ring.
o Kesalahan Frekuensi. Kesalahan ini terjadi ketika clock ring dan ring secara fisik dengan clock crystal station-nya berbeda frekuensi.
o Kesalahan Frame copy. Kesalahan ini menunjukkan bahwa suatu stasiun telah mengenali alamat suatu frame, tetapi frame tersebut tidak mempunyai Alamat yang dapat mengenali Bit indikator yang di set pada 00 seperti yang biasanya dibutuhkan. Kondisi ini dapat menandai adanya suatu masalah transmisi dari stasiun pengirim, atau dapat saja hasil dari stasiun tersebut memiliki alamat duplikat.
o Kesalahan Token. Frame token error dihasilkan oleh monitor aktif untuk menunjukkan bahwa salah satu beberapa kesalahan protokol telah terjadi. Jika ada beberapa frame seperti di atas, menunjukkan bahwa suatu token atau frame tidak dapat diterima di dalam 10 mili detik. Jika token mempunyai suatu prioritas tidak nol (non-zero) dan monitor menghitung satu, ini berarti frame tersebut melalui monitor aktif sebanyak dua kali. Di dalam semua kasus kesalahan token ini seringkali mengindikasikan masalah pada pemasangan kabel atau NIC.
o Kesalahan akibat kebuntuan (congestion) penerima. Kesalahan ini menunjukkan bahwa suatu stasiun tidak mampu melakukan pengkopian suatu frame yang diarahkan keluar dari buffer dan masuk ke dalam ke dalam memori. Biasanya frame ini merupakan hasil dari stasiun yang secara parsial mengalami crash, yaitu saat frame meninggalkan interface Token-Ring tetapi menemui bahwa memori utama dalam keadaan rusak, dalam hal dimana devais harus melakukan cold-booted. Dalam kasus lain, kesalahan congestion dapat menunjukkan bahwa stasiun penerima dalam keadaan sibuk untuk menerima frame dari buffer dan sehingga terjadi suatu bottleneck, seperti yang terjadi pada token ring bridge dan router yang memiliki kinerja rendah.
o Kesalahan Lost frame. Ketika frame mengindikasikan stasiun pengirim tidak menerima bagian akhir dari frame yang tiba sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar